Manfaat Beras Merah

JURAGANBERASDELANGGU.COM, Klaten Manfaat beras merah dikatakan lebih banyak daripada beras putih yang biasa kamu konsumsi sehari-hari, terutama dikaitkan dengan penderita diabetes. Menurut penelitian, mengonsumsi beras putih lebih sering dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 daripada orang yang tidak terlalu sering mengonsumsinya.




Berdasarkan penelitian tersebut, ada baiknya kamu mengganti beras putih dengan beras merah. Rasa beras merah memang dianggap lebih hambar, tapi lebih menyehatkan. Daripada makan enak tapi berisiko terkena penyakit, lebih baik mencegahnya, kan?

 

Berikut Manfaat Dari Beras Merah

manfaat beras merah
manfaat beras merah

Mengendalikan berat badan

Beras merah mengandung serat lebih tinggi. Nutrisi lainnya juga lebih banyak dibandingkan beras putih. Nutrisi-nutrisi tersebut adalah vitamin dan mineral. Selain itu, beras merah juga mengandung antioksidan tinggi. Sebagai perbandingan, 100 gram beras merah yang dimasak mengandung 1,8 gram serat.

Sementara, beras putih hanya mengandung 0,4 gram serat, pada berat yang sama. Kondisi ini menunjukkan bahwa beras merah berperan penting dalam pengendalian berat badan.

Menurunkan risiko diabetes

Tinggi serat dan kaya akan magnesium. Hal itulah yang membuatnya bersifat menurunkan risiko diabetes. Sebab, kandungan beras merah tersebut membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Beras putih memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih tinggi. Semakin tinggi GI, semakin cepat pula makanan tersebut dalam meningkatkan gula darah dalam tubuh.

Mengganti beras putih dengan beras merah sudah cukup signifikan dalam menurunkan kadar gula. Penelitian juga membuktikan bahwa wanita yang rutin mengonsumsi biji-bijian, termasuk beras merah, memiliki risiko 31 persen lebih rendah terhadap diabetes dibandingkan wanita yang jarang mengonsumsi beras merah. Kamu sendiri, termasuk wanita yang mana?

Mengurangi risiko penyakit jantung

Beras merah mengandung zat yang disebut lignin. Zat ini bersifat mengurangi lemak dalam darah, mengurangi peradangan di arteri, serta serta menurunkan tekanan darah. Tak heran jika beras ini membantu mengurangi risiko terhadap penyakit jantung. Manfaat beras merah dalam hal ini juga sudah dibuktikan secara ilmiah.

Mencegah kanker

Beras merah mengandung antioksidan yang tinggi. Karenanya, tidak hanya mengurangi risiko penyakit jantung, menurunkan risiko diabetes, serta mengendalikan berat badan tapi juga berperan dalam mencegah kanker. Antioksidan itulah yang berperan besar. Bahkan, beras merah dapat meningkatkan kadar antioksidan dalam darah pada wanita gemuk.

penyegah penyakit kanker
penyegah penyakit kanker

Begitu banyak manfaat beras merah bagi kesehatan, seharusnya kamu juga memilihnya sebagai menu sehari-hari. Sayangnya masih banyak orang yang tidak menyukai rasa beras merah karena memang lebih hambar bila dibandingkan dengan beras putih. Karenanya, kamu perlu mensiasati agar beras merah terasa lebih enak.

Jika kamu baru memulai mengonsumsi beras merah dan belum menyukainya, campurlah nasi merah dengan nasi putih. Buatlah perbandingan 1:1. Nantinya, perlahan-lahan kurangi porsi beras putih dari menumu. Lama kelamaan kamu akan terbiasa dengan beras atau nasi merah.

Bahkan, menurut orang yang sudah terbiasa menyantap nasi merah, berpendapat bahwa nasi putih menjadi terasa terlalu manis.

Jangan lupa, perhatikan kedaluarsa beras merah tersebut. Kamu harus segera mengonsumsinya dalam waktu tiga atau empat bulan sejak beras tersebut ditempatkan ke dalam kemasan. Sebab, daya tahan beras merah lebih rendah daripada beras putih.



 

Baca Juga di Pengertian Beras Merah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *