Beras Merah

JURAGANBERASDELANGGU.COM, Klaten Beras merah mudah sekali dikenali dengan warnanya yang kemerahan. Warna merah tersebut berasal dari lapisan bekatul atau aleuron yang mengandung senyawa antosianin, yaitu suatu zat yang membuat beras ini berwarna merah.





 

Tidak banyak yang menyukai beras merah, karena memiliki struktur yang kasar bila dibandingkan dengan beras putih. Struktur yang kasar pada beras merah disebabkan oleh adanya kandungan serat yang lebih tinggi daripada beras putih. Perlu waktu yang lebih lama untuk memasak beras merah menjadi nasi.

Namun, beras merah memiliki nutrisi yang baik, yaitu mengandung zat besi, mengatur gula darah dan mengatur insulin. Selain itu, beras merah menagndung vitamin B6 untuk keseimbangan produksi hormone serotonin serta produksi sel darah merah.

Beras Merah
Beras Merah

Dalam 100 gram beras merah, terkandung energy sebesar 352 kal, karbohidrat 76.2 g, protein 7.3 g, lemak 0.9 g, kalsium 15 mg, serta fosfor 275 mg.

Beras hitam merupakan beras yang langka. Beras hitam sering disebut forbidden rice. Beras hitam bukanlah beras ketan hitam, karena keduanya berbeda. Beras ini mengandung senyawa antosianin yang sangat tinggi, sehingga beras yang dihasilkan berwarna hitam atau keunguan.  Beras hitam memiliki tekstur agak pera serta kurang cocok untuk dijadikan nasi. Beras hitam yang baik memiliki warna yang hitam mengkilat serta tidak banyak kutu.

Beras hitam mengandung vitamin E dengan kadar yang tinggi. Sehingga dengan mengkonsumsinya secara rutin akan meningkatkan system imunitas tubuh serta melindungi sel tubuh dari serangan radikal bebas, memperbaiki kerusakan sel hati, mencegah gangguan fungsi ginjal, memperlambat proses penuaan, membersihkan kolesterol, serta dapat mencegah anemia.

Dalam 100 gram beras hitam, terkandung karbohidrat 76.9 g, serat 20.1 g, protein 7.0 g, zat besi 1.8, lemak 1.3 g, dan kalsium 6 mg,

 




Baca Juga Manfaat dari beras merah untuk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *